FeedBurner FeedCount

Minggu, 31 Oktober 2010

Buku Pernikahan Adat Kaharingan

Hang wuang adat kaharingan, piaduan na antuh sah amun haut naan Buku Perkawinan sa haut na kaluar daya Panghulu Adat Kaharingan nelang na tantau daya kawan saksi 

Piaduan secara adat kaharingan memang agak balain teka adat dayak ma'anyan. aku ngalap isa suntuh hang acara piaduan adat yeru adalah amun piaduan hang adat dayak ma'anyan, hang acara turus tajak, kawan ulun sa umma manyaksi piaduan iru, nganyu pitatah pituah ma rueh kaulun isa haut na adu secara adat nelang nganyu wasi berupa duit (amun memang naan anrau anyu), sedangkan hang wuang adat kaharingan, kawan ulun sa manyaksi piaduan na laku daya panghulu nampan nganyu pitatah pituah ma pangantin nelang narui (nawut) duit ma ulun sa na laku ni.

iru butit parbedaan antara adat maanyan anri adat dusun / kaharingan.

Hang wuang tulisan yena, nampan naun uras karasa bentuk teka isi buku yeru tau nantau ni hang ina



Bahasa Indonesia

Dalam adat dusun kaharingan, suatu pernikahan dikatakan sah apabila telah memiliki buku perkawinan yang dikeluarkan oleh Penghulu Adat Kaharingan serta di ketahui oleh para saksi kedua belah pihak.


Pernikahan secara adat kaharingan memang ada perbedaan dengan adat maanyan, sebagai salah satu contoh : Dalam pernikahan secara adat dayak maanyan, pada acara turus tajak, para tamu / undangan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memberikan nasehat sekaligus uang (pemberian uang tidak diwajibkan) kepada pengantin tanpa diminta secara langsung oleh penghulu adatnya. Sementara dalam adat kaharingan, para tamu/undangan diberikan kesempatan oleh penghulu adat untuk menyampaikan nasehat kepada pengantin dengan cara memberi / melemparkan uang kepada undangan yang diberi kesempatan tersebut
Itulah sedikit perbedaan tentang tata cara pernikahan adat dayak maanyan / adat dusun (kaharingan).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ere handak narangan lagi aku ^~^

Posting Komentar

Blog Isa Ba Kait Anri Bahasa Dayak